16 June 2017

Jenis Ikan Koi Terbaik dan Harganya

Bagi teman-teman yang ingin memelihara ikan Koi, sepertinya perlu untuk mengetahui beberapa jenis ikan Koi terbaik.
Pasalnya, ikan hias air tawar yang satu ini memiliki ragam jenis dengan keunikan sendiri-sendiri. Bahkan, dari beberapa jenis tersebut pun memiliki harga yang berbeda-beda, mulai dari yang paling mahal hingga yang terjangkau. Nah, tentunya untuk mengetahui jenis ikan Koi terbaik, sobat harus memahami beberapa hal agar bisa membedakan setiap jenis dari ikan Koi, baik dari ciri tubuh, warna, pada sisik tubuh, hingga pada kelebihan maupun kekurangan. Selain itu, jenis ikan hias yang cantik asal Jepang ini pun juga dipercaya sebagai simbol persahabatan dan simbol cinta. Maka, wajar dan tak mengherankan jika ikan Koi termasuk jenis ikan hias air tawar yang cukup digemari oleh banyak orang, termasuk kalangan pecinta ikan hias yang ada di Indonesia. Lalu, kira-kira apa saja sih jenis ikan Koi terbaik? Tentu kawan-kawan semua jangan khawatir karena kali ini Mag Fish akan menginformasikan beberapa jenis tersebut beserta harga ikan Koi yang paling populer.
jenis ikan koi terbaik
Jenis Ikan Koi Terbaik
Tapi tunggu dulu kawan! Sebelum kita jauh mengulas beberapa jenis ikan Koi terbaik, sedikit banyak perlu untuk kawan ketahui bahwa sebenarnya ikan hias air tawar asal Negeri Bunga Sakura ini merupakan hasil dari persilangan ikan emas (Karper Cyprinuscarpio) yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Sehingga, seiring berjalannya waktu dan proses pengembangan persilangannya, menjadikan jenis ikan hias ini memiliki ragam jenis yang sangat banyak dan bervariasi. Maka dari itu, sangat wajar jika mulai dari bentuknya saja ikan Koi memiliki kesamaan dengan ikan Emas. Akan tetapi, meskipun memiliki ragam jenis yang sangat banyak, ikan Koi ini memiliki beberapa jenis yang dikenal paling baik kualitasnya. Bahkan, beberapa jenis tersebut cukup populer dengan ciri-ciri yang unik dan memiliki perbedaan khas antara satu sama lain, terutama dari warna dasarnya, corak dan pola warnanya, dan warna pada kepalanya. Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas dan detail, yuk kita simak bersama ulasan lengkap mengenai jenis ikan Koi terbaik dan harganya pada segmen-segmen penjelasan di bawah ini!

Jenis Ikan Koi Terbaik untuk Dipelihara
Seperti yang sudah Mag Fish janjikan di atas, pada segmen ini kita akan bersama-sama membahas dan mengetahui beberapa jenis ikan Koi terbaik yang paling baik dan populer. Beberapa di antaranya terbagi dalam sub kategori yang memiliki ragam jenis yang secara umum terdiri dari beberapa jenis, yang di antaranya yakni ikan Koi Gosanke, Bekko, Utsurimono Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikaimoyo, Matsuba, dan Kawarimono. Antara lain sebagai berikut :

1. Jenis Ikan Koi Gosanke
Nah, untuk kategori jenis ikan Koi Gosanke ini paling banyak kita jumpai dan cukup dikenal oleh para pecinta ikan hias Koi. Pada dasarnya, ciri umum dari ikan Koi Gosanke ini memiliki warna tubuh kombinasi warna merah dan putih dan hitam (kecuali jenis Gosanke Kohaku yang tak ada unsur warna hitam). Dari kategori Gosanke ini, ada 3 jenis, yakni ikan Koi Sanke, Showa dan Kohaku.

a. Ikan Koi Showa
jenis ikan koi showa gosanke
Jenis Ikan Koi Showa Gosanke
Untuk jenis ikan Koi Gosanke dari keluarga Showa ini umumnya memiliki ciri arna kombinasi antara merah, putih dan hitam. Dari beberapa jenis Koi Showa ini pun terbagi menjadi beberapa tipe tergantung dari kombinasi ketiga warna (merah putih hitam). Antara lain yaitu Hi-Showa, Kindai-Showa, Tancho-Showa, Gin Rin-Showa, Maruten-Showa, dan yang terakhir Doitsu-Showa. Untuk kriteria dari jenis Ikan Koi Gonsake Showa ini bisa diketahui dari beberapa ciri, yang umumnya bisa dilihat dari warna dan bentuk tubuh. Di mana, ciri-ciri ikan Koi Showa terbaik yakni memiliki komposisi warna yang sama antara merah hitam dan putih, pada sirip dada bagusnya berwarna hitam kecuali pada bagian luar, dan yang terpenting yakni pada bagian seluruh sirip harus berwarna hitam.

b. Ikan Koi Kohaku
jenis ikan koi kohaku gosanke
Jenis Ikan Koi Kohaku Gosanke
Untuk jenis ikan Koi Kohaku ini umumnya memiliki kombinasi warna merah dan putih. Komposisi warna terbaik dari ikan Koi jenis ini, idealnya memiliki kedalaman warna yang seimbang. Bahkan, yang lebih penting lagi yang menjadi ukuran kohaku yang bagus jika warna merahnya memiliki garis tepi yang tegas serta bercorak seragam. Beberapa jenis warna dari ikan Koi Kohaku ini terbagi menjadi beberapa corak warna yang berbeda. Antara lain yaitu Menkabui, Kuchibeni, Inazuma, Tancho, Maruten, Straight Hi, Doitsu, Nidan dan Gin Rin.

c. Ikan Koi Sanke
jenis ikan koi sanke gosanke
Jenis Ikan Koi Sanke Gosanke
Nah, untuk tipe terakhir dari Gosanke yakni jenis ikan Koi Sanke. Di mana, kombinasi warnanya hampir sama dengan Kohaku, yakni warna putih dan merah. Hanya saja, ada sedikit corak warna hitam yang umumnya tampak pada bagian punggung dari ikan Koi ini. Untuk ciri warna terbaik dari jenis ikan Koi Sanke ini pun juga bisa dilihat dari batas pola yang tegas, seimbang, khusus untuk warna putihnya berwarna putih susu, dan memiliki sedikit corak warna hitam. Beberapa corak warna dari jenis ikan Koi Sanke ini juga terbagi menjadi beberapa tipe, yakni Kuchibeni, Aka, Subo Sumi, Mrutn, Doitsu, Tancho, Gin Rin. Dari beberapa jenis tersebut, tampaknya tipe Aka dan Menkaburi merupakan tipe yang kurang disukai mengingat kombinasi warna tak seimbang.

2. Jenis Ikan Koi Bekko
Selanjutnya, salah satu jenis yang bisa sobat pilih yakni jenis ikan Koi Bekko. Umumnya, jenis ini memiliki warna kombinasi antara putih dan hitam. Selain itu, dari jenis ini pun nantinya juga terbagi menjadi beberapa tipe tergantung pola warna yang tampak pada tubuhnya. Beberapa jenis dari kategori ikan Koi Bekko ini yaitu Shiro Bekko, Ki Bekko, dan Aka Bekko serta tak ketingalan pula Bekko Gin Rin. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkapnya.

a. Ikan Koi Shiro Bekko
jenis ikan koi shiro bekko
Jenis Ikan Koi Shiro Bekko
Untuk ikan Koi jenis Shiro bekko ini secara umum memiliki dua warna kombinasi, yakni hitam dan putih. Untuk jenis yang terbaik, setidaknya memiliki corak yang seimbang dengan warna hitam kecil-kecil dan cenderung sedikit memiliki garis tepi yang cukup tegas di mana untuk warna putihnya menjadi warna dasar pada tubuh dari ikan Koi Shiro Bekko ini. Sementara itu di sisi lain, untuk ciri dari jenis ini akan memiliki nilai tinggi apabila tidak ada warna hitam di kepalanya. Kalaupun ada maka sebaiknya warna hitamnya tidak boleh mengganggu keseimbangan warna hitam pada keseluruhan tubuhnya. Sirip dadanya memiliki garis yang cantik namun ada juga yang tidak memilikinya.

b. Ikan Koi Ki Bekko
jenis ikan koi ki bekko
Jenis Ikan Koi Ki Bekko
Berbeda dengan jenis yang lain, untuk jenis ikan Koi Ki Bekko ini memiliki warna dasar kuning dan dikombinasikan dengan warna hitam yang umumnya tampak pada bagian punggung. Selain itu, untuk ikan Koi Ki Bekko terbaik bisa diketahui dari warna hitamnya yang harus benar-benar hitam pekat dengan tepi batas yang tajam dan jelas. Khusus untuk jenis ini, tidak ada lagi tipe atau corak warna lain. Hanya saja, sebaiknya kawan-kawan memilih yang memiliki warna dasar kuning cerah. Sayangnya, untuk jenis ikan Koi Ki Bekko ini sangat jarang dan sulit didapatkan.

c. Ikan Koi Aka Bekko
jenis ikan koi aka bekko
Jenis Ikan Koi Aka Bekko
Jika Ki Bekko berwarna dasar kuning maka untuk jenis ikan Koi Aka Bekko ini memiliki warna dasar merah. Sama seperti Ki Bekko, untuk tipe Aka Bekko ini juga tampak pola warna hitam pada bagian punggungnya dengan corak titik-titik atau tutul. Untuk jenis ikan Koi ini, tidak memiliki warna putih sama sekali. Nah, untuk tipe corak dari jenis ikan Koi Aka Bekko terbaik yakni warna dasar merahnya sangat pekat. Namun, hal ini sangat jarang ditemukan mengingat corak warna seperti ini sangat langka.

3. Jenis Ikan Koi Utsurimono
Salah satu jenis ikan Koi yang cukup unik yakni jenis Koi Usurimono. Di mana, untuk jenis yang satu ini merupakan tipe Koi hitam yang memiliki pola berwarna. Hampir sama dengan Shiro Bekko, hanya saja untuk jenis yang satu ini, warna hitamnya membentuk sebuah pola. Sehingga, memiliki daya tarik tersendiri. Nah, untuk ikan Koi Utsurimono ini pun juga terbagi menjadi 3 kategori, antara lain Shiro Utsuri, Ki Utsuri dan Hi Utsuri. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan lengkapnya.

a. Ikan Koi Shiro Utsuri
jenis ikan koi shiro utsuri
Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri
Pertama yakni tipe Shiro Utsuri. Jenis yang satu ini memiliki ciri dengan perpaduan warna hitam dan putih. Di mana, warna hitam menjadi warna yang mendominasi jika dibandingkan dengan tipe Koi Shiro Bekko. Nah, ciri ikan Koi Shiro Utsuri terbaik bisa dilihat dari dua warna pada kepalanya yang berwarna hitam dan putih saja, pada lipatan sirip dada ada warna hitam, dan untuk warna putihnya seputih salju.

b. Ikan Koi Ki Utsuri
jenis ikan koi ki utsuri
Jenis Ikan Koi Ki Utsuri
Selanjutnya yakni jenis ikan Koi Ki Utsuri. Untuk jenis ikan Koi ini dikenal memiliki warna dasar kuning dan warna hitam pada bagian atasnya. Bahkan, umumnya penilaian atau kriteria yang baik dari jenis ini, hampir sama dengan koi shiro utsuri, namun untuk jenis ini hanya memiliki warna kuning dan hitam. Di sisi lain, akan sangat indah jika warna hitamnya memiliki corak yang cukup pekat, memiliki garis batas yang tajam serta pangkal sirip dada terlihat memiliki garis-garis.

c. Ikan Koi Hi Utsuri
jenis ikan koi hi utsuri
Jenis Ikan Koi Hi Utsuri
Nah untuk tipe terakhir dari jenis Utsurimono yakni ikan Koi Hi Utsuri. Untuk tipe yang satu ini dikenal mempunyai warna merah sebagai warna dasar dan berpadu dengan warna hitam yang tampak begitu tegas. Tentu saja untuk warna sisik dari jenis ikan Koi Hi Utsuri ini cukup menarik dan unik. Umumnya, jenis ini jika masih muda memiliki warna orange dan ketika menginjak dewasa, warna orange berubah menjadi warna merah yang begitu pekat. Untuk jenis yang terbaik, biasanya memiliki batas warn yang cukup kontrs dan tegas, tak ada bercak lain pada tubuhnya selain warna hitam, serta untuk sirip dadanya terlihat ada garis-garis yang berkombinasi antara warna merah dan hitam.

4. Jenis Ikan Koi Asagi
jenis ikan koi asagi
Jenis Ikan Koi Asagi
Berikutnya yakni kita akan mengenal lebih jauh jenis ikan Koi Asagi. Untuk jenis ini, umumnya mempunyai warna biru indigo. Namun, untuk bagian perut, sirip dayung, punggung dan ekornya memiliki warna merah. Kriteria terbaik dari jenis ini yakni pada bagian kepalanya yang tampak begitu putih dan bersih namun ada juga yang memiliki warna semu kebiruan. Selain itu, untuk pola pada jaring sisiknya haus memiliki warna biru indigo yang tersusun dengan pola yang sangat rapi. Sementara itu, untuk tiap jenisnya, Koi Asagi ini terbagi menjadi beberapa kategori, yang di antaranya yaitu Konjo Asagi, Narumi Asagi, Mizo Asagi, dan Gin Rin Asagi. Secara umum, beberapa kategori dari jenis ikan Koi Asagi ini memiliki warna yang hampir sama, hanya saja beberapa di antaranya memiliki corak dan pola yang berbeda.

5. Jenis Ikan Koi Tancho
Jenis yang terakhir yaitu ikan Koi Tancho. Nah, pada jenis Koi yang satu ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan jenis ikan Koi yang lain. Pasalnya, Koi Tancho ini pada seluruh bagian tubuhnya tak memiliki warna merah. Namun, untuk warna merahnya justru ada pada bagian kepalanya saja. Beberapa kategori dari jenis ini antara lain Goromo, Tancho Kohaku, Goshiki, Kujaku, dan Tancho Sanke.

a. Ikan Koi Tancho Goromo


jenis ikan koi tancho goromo
Jenis Ikan Koi Tancho Goromo
Untuk jenis Tancho Goromo, pola warna pada bagian kepala membentuk pola membulat dengan warna hitam. Sedangkan sekujur tubuhnya memiliki warna putih semu kemerahan. Jenis yang satu ini tampaknya kurang diminati mengingat pola dan corak warnanya kurang menarik dan dianggap teralu monoton.

b. Ikan Koi Tancho Kohaku
jenis ikan koi tancho kohaku
Jenis Ikan Koi Tancho Kohaku
Lalu, menginjak pada jenis Koi berikutnya yakni jenis ikan Koi Tancho Kohaku. Tipe yang satu ini cukup terkenal dan populer bagi para pecinta ikan Koi. Memiliki pola warna merah bulat pada bagian kepanya merupakan ciri utama yang dimiliki jenis ini. Bahkan, jika pola warna merahnya semakin membulat dan tajam maka akan semakin indah. Tentu saja dengan cirinya yang unik dan khas tersebut, jenis ikan Koi Tancho Kohaku ini menjadi salah satu kategori yang cukup banyak diminati oleh para penghobi ikan hias.

c. Ikan Koi Tancho Goshiki
jenis ikan koi tancho gosiki
Jenis Ikan Koi Tancho Gosiki
Hampir sama dengan Tancho Kohaku, untuk jenis ikan Koi Tancho Goshiki ini memiliki warna merah berbentuk bulat di bagian kepalanya. Namun, hanya saja untuk bagian kepalanya juga memiliki warna dasar kekuningan seperti warna emas. Selain itu, pada bagian punggung mempunyai warna sedikit kehitaman yang tampak tipis. Jenis yang satu ini terbilang cukup digemari juga oleh para penghobi ikan Koi.

d. Ikan Koi Tancho Kujaku
jenis ikan koi tancho kujaku
Jenis Ikan Koi Tancho Kujaku
Pada jenis yang satu ini memiliki ciri yang cukup unik. Bukan tanpa alasan mengingat jenis Koi Tancho Kujaku ini memiliki kemiripan dengan jenis Koi Asagi. Di sisi lain, yang cukup menarik dan mencolok dari jenis ini yakni sisik pada bagian tubuhnya yang sangat menawan dengan pola jaring-jaring sisik yang sangat tersusun rapi. Sementara itu, pada bagian kepalanya terdapat warna merah membulat yang merupakan salah satu ciri khas dari jenis ikan Koi Tancho.

e. Ikan Koi Tancho Sanke
jenis ikan koi tancho sanke
Jenis Ikan Koi Tancho Sanke
Menginjak pada jenis Koi selanjutnya yakni tipe ikan Koi Tancho Sanke. Jenis ini memiliki beberapa kemiripan dengan tip Tancho Kujaku. Selain itu, pada tubuhnya memiliki corak warna hitam, hanya saja polanya terlihat tak beraturan. Yang cukup menarik dari jenis ini yaitu pada bagian kepalanya yang memiliki warna dasar merah sedikit kekuningan. Namun, sayangnya untuk jenis ikan Koi Tancho Sanke ini dinilai kurang diminati karena pola warnanya yang kurang menarik.

Bagaimana kawan? Dari kelima jenis ikan Koi yang Mag Fish sajikan di atas, tentu teman-teman semua bisa memilih sesuai selera. Bahkan, dari kelima jenis tersebut, masih terbagi lagi menjadi beberapa kategori dengan keunikan dan ciri khas berbeda antara satu jenis dengan jenis yang lainnya. Nah, dengan beberapa penjelasan terkait beberapa jenis ikan Koi tersebut, kira-kira mana jenis terbaik menurut sobat?

Harga Ikan Koi
Setelah kita mengetahui beberapa jenis dari ikan Koi, kini pada segmen ini Mag Fish akan berbagi informasi terkait dengan harga ikan Koi. Sebagaimana yang sudah disampaikan di awal tadi, setiap ikan Koi memiliki harga yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan ciri maupun keunikannya. Lantas, berapa sih harga ikan Koi itu?

Pertama, untuk harga ikan Koi jenis Gosanke pada ukuran 40 cm biasanya dipatok dengan harga Rp 500 ribuan. Namun, untuk ukuran di bawahnya, harganya berkisar pada angka Rp 50 ribu sampai Rp 90 ribu.

Kedua, harga ikan Koi Bekko sendiri dibanderol dengan angka yang lebih murah dari jenis Gosanke. Di mana, untuk Koi yang berukuran 20 cm dipatok seharga Rp 90 ribuan sedangkan untuk ukuran 40 cm ke atas berkisar pada angka Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribuan. Namun, hal ini juga tergantung dengan pola dan corak warna serta benuk tubuhnya.

Ketiga yakni jenis ikan Koi Utsurimono. Di mana, jenis yang satu ini dibanderol cukup terjangkau. Pasalnya, untuk ukuran tubuh dengan panjang sekitar 20 cm, dipatok seharga Rp 45 ribuan per ekor. Sedangkan, lebih dari 30 cm biasanya memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, yakni antara Rp 50 ribuan sampai Rp 60 ribuan.

Keempat adalah jenis ikan Koi Asagi. Nah, pada jenis Koi yang satu ini, memiliki banderol yang jauh lebih kompetitif dan terjangkau. Sebab, diketahui bahwa secara umum, harga ikan Koi Asagi ini umumnya dibanderol antara Rp 50 ribu sampai 60 ribu saja. Mulai dari ukuran 20 cm sampai pada 3o cm lebih.

Dan yang terakhir, untuk harga ikan Koi Tancho justru memiliki banderol yang sedikit lebih mahal. Karena, untuk jenis ini diketahui akan dipatok pada kisaran nominal ratusan ribu, lebih tepatnya antara Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribuan. Nah, dari segala jenis dan harga ikan Koi tersebut, kira-kira mana sih ikan Koi pilihan sobat?
harga ikan koi terbaik
Harga Ikan Koi Terbaik
Demikian kawan ulasan dari Mag Fish mengenai jenis ikan Koi terbaik dan terpopuler serta harganya. Perlu diketahui bahwa harga ikan Koi setiap tempat akan berbeda-beda. Hal itu, sangat bergantung dari harga pasarannya, bentuk maupun corak warnanya, dan pola warna pada sisiknya. Namun, meskipun demikian, ikan Koi ini memang dikenal memiliki harga yang bervariasi. Sehingga, teman-teman semua bisa memilih mana yang terbaik di antara kelima jenis tersebut. Sampai di sini dulu perjumpaan kita. Semoga saja ulasan mengenai jenis ikan Koi dan harganya tersebut bisa membantu sobat yang sedang mencari referensi mengenai harga dari ikan Koi ini. Sekian dan sampai ketemu lagi kawan.

Baca juga : Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi Buatan Sendiri dan Pakan Ikan Koi Terbaik

Jenis Ikan Koi Terbaik dan Harganya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment