27 June 2017

Cara Membuat Aquascape Minimalis untuk Pemula

Mungkin, bagi sebagian para pecinta ikan hias, ada yang bertanya-tanya terkait dengan bagaimana cara membuat aquascape.
Akan tetapi, sebelumnya perlu untuk diketahui sedikit tentang yang namanya aquascape. Nah, aquascape adalah salah satu hasil rancangan hiasan dalam aquarium dengan memaksimalkan perkembangan biota dalam air aquarium, seperti ikan kecil yang bercampur baur dengan tanaman hidup air. Dengan kata lain, bisa juga disebut sebagai miniatur ekosistem biota air. Sehingga mampu memberikan tampilan aquarium dengan pemandangan air yang lebih alami. Melihat dari pengertian tersebut, tentu saja salah satu tujuan membuat aquascape ini sebagai salah satu langkah untuk membuat tampilan aquarium menjadi lebih indah dan bisa dijadikan sebagai salah satu pelengkap dalam hiasan rumah tangga. Lalu, kira-kira bagaimana sih cara membuat aquascape itu?
aquascape minimalis
Aquascape Minimalis
Nah, berkaitan dengan tutorial membuat aquascape, tampaknya bagi para pemula yang ingin menerapkan menyusun atau pun merancang aquascape, tentunya harus mengetahui beberapa langkah. Pasalnya, untuk membuat sebuah aquascape, meski tak dibutuhkan keahlian khusus, namun ada beberapa hal yang peru diketahui dan diterapkan supaya aquascape yang dibuat berhasil dan memuaskan. Salah satunya yaitu dengan memaksimalkan kombinasi tanaman air dan beberapa aksesoris lain sehingga membuat aquarium tampak lebih hidup. Oleh sebab itu, untuk mempermudah kawan-kawan dalam menerapkan cara membuat aquascape, kali ini Mag Fish akan menyajikan beberapa tahapannya pada segmen-segmen di bawah ini. Yuk, kita simak bersama-sama.

Langkah-Langkah Membuat Aquascape untuk Pemula

Pada tahapan awal ini, dalam menerapkan langkah-langkah atau cara membuat aquascape, ada beberapa komponen yang perlu dipersiapkan. Beberapa komponen tersebut terdiri dari bahan dan alat yang perlu untuk dipersiapkan. Antara lain yakni :

1. Aquarium
Dalam mempersiapkan aquarium sebagai media guna merancang miniatur aquascape, kawan-kawan bisa memilih aquarium yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, bagi teman-teman yang akan menerapkan cara membuat aquascape, terutama bagi para pemula, Mag Fish sarankan mengunakan aquarium berkuran kecil saja, paling tidak memiliki panjang 40 cm, lebar 30 cm, dan tingginya sekitar 30 cm.

2. Filter
Jangan lupa juga bahwa dalam panduan cara membuat aquascape ini, sobat juga memerlukan filter air sebagaimana memelihara ikan dalam aquarium. Nah, untuk filternya sendiri disarankan menggunakan filter HOB (Hang On Back) atau filter gantung yang memiliki ukuran cukup minimalis sehingga cocok dengan ukuran aquariumnya. Perlu diketahui bahwa guna filter di sini bertugas untuk menyaring kotoran juga sehingga akan membuat airnya tampak jernih.

3. Substrate
Yang dimaksud substrate dalam tahapan cara membuat aquascape ini yaitu berupa pupuk dasar dan pasir malang. Kedua komponen bahan tersebut nantinya akan menjadi dasar aquarium dan sebagai media tanam untuk menumbuhkan tanaman air. Sobat bisa memilih pupuk dasar atau pasir silica dan bisa membelinya di toko ikan hias.

4. Tanaman aquascape
Nah, untuk langkah berikutnya, kawan-kawan juga harus mempersiapkan jenis tanaman hias. Dalam hal ini, sobat bisa memilih beberapa jenis dan usahakan memilih tanaman yang mudah tumbuh agar biota dalam aquascape lebih cepat tumbuh dan berkembang dengan cepat.

5. Hardscape
Di sisi lain, untuk memperindah tampilan aquascape maka bisa digunakan hardscape. Bisa berupa kayu atau batang tanaman maupun batu atau karang. Dalam hal ini, sobat bisa memilih sesuai selera masing-masing. Akan tetapi, sebagai panduan untuk pemula, Mag Fish menyarankan untuk menggunakan karang atau batu saja yang dinilai lebih mudah dalam penatanaannya.

6. Diffuser CO2
Terakhir, jangan lupa juga bahwa dalam tahapan persiapan cara membuat aquascape ini, teman-teman ahrus mempersiapkan diffuser CO2. Bahan yang satu ini sangat diperlukan sebagai penunjang aktivitas fotosintesis tanaman sehingga tanaman yang ditanam bisa tumbuh dengan optimal.

Tak lupa juga bahwa dari sekian persiapan alat dan bahan membuat aquascape di atas, sobat juga perlu mempersiapkan air jernih. Tak hanya itu saja, lampu UV pun juga sangat wajib ada mengingat keberadaannya dibutuhkan sebagai penunjang proses fotosintesis pada tanaman aquascape. Di sisi lain, dalam tahapan permulaan pembuatan aquascape yang terdiri dari persiapan beberapa tahapan di atas, terutama dalam pemilihan tanaman, sangat disarankan untuk memilih tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah. Namun, untuk beberapa jenis tanaman tersebut, kawan-kawan bisa membeli di toko ikan hias dan menanyakan kepada penjual, kira-kira tanaman apa yang cocok untuk aquascape. Lanjut pada tahapan selanjutnya, yaitu langkah-langkah dalam penerapan cara membuat aquascape.

Cara Membuat Aquascape Sederhana untuk Pemula

Nah, menginjak pada pokok bahasan kali ini, Mag Fish akan berbagi kepada kawan-kawan semua tentang bagaimana cara membuat aquascape minimalis yang benar dan mudah. Berikut penjelasannya :

1. Pada langkah awal ini, hal pertama dalam membuat aquascape yaitu dengan mempersiapkan dasar aquarium. Dalam tahapan ini, pertama kawan-kawan harus menebarkan seluruh bahan substrate yang berupa pupuk dasar atau pasir malang di dasar aquarium. Diawali dengan menyebar pupuk dasar secara merata pada bagian dasarnya dengan ketebalan kurang lebih 1 cm saja.
pemupukan dasar aquascape
Pemupukan Dasar Aquascape
2. Kemudian, jika sudah merata maka selanjutnya tutupi dengan pasir malang yang sudah dipersiapkan tadi dengan ketebalan sekitar 2 cm saja secara merata. Pasir malang ini nantinya berfungsi sebagai media tempat hidup bakteri dan sebagai proses pengakaran. Berikutnya sebarkan atau taburkan tanah atau soil secara merata dengan ketebalan 3 cm sebagai media tanam guna mempermudah proses penanaman.
penyebaran pasir dan soil
Penyebaran Pasir dan Soil

3. Setelah dasar aquarium sudah merata, masukan dan aturlah hardscape yang sudah dipersiapkan tadi (kayu, batang, karang). Letakkan hardscape sesuai dengan posisi yang sobat inginkan.
peletakan hardscape aquascape
Peletakan Hardscape Aquascape
4. Beralih pada tahapan berikutnya, masukan air ke dalam aquarium untuk membasahi lapisan dasar (tanah/soil). Perlu diingat dan dicatat bahwa dalam menunangkan air ini, gunakan sebuah piring atau selang secara perlahan dan tidak sampai penuh, ketinggian air cukup 5-6 cm. Hal ini dilakukan agar tekanan air saat dituangkan tidak merusak substrate dasar.
pemberian air aquascape
Pemberian Air Aquascape
5. Tahapan selanjutnya, tanamlah tanaman yang sudah dipersiapkan. Untuk melakukan penanaman tanaman aquascape ini, disarankan untuk menggunakan pinset supaya proses penanaman menjadi lebih mudah. Tancapkan tanaman secara merata dan perlahan sampai tertancap pada substrate dasar. Jangan lupa juga, semprot tanaman dengan air sebagai upaya untuk menjaganya agar tetap lembab dan untuk menjaga kualitas daun agar tak mudah kering maupun rusak.
penanaman tanaman aquascape
Penanaman Tanaman Aquascape
6. Nah, beralih pada langkah selanjutnya, dalam proses pembuatan aquascape minimalis ini, tuangkan air kembali sampai penuh secara hati-hati seperti awal tadi, yaitu menggunakan selang atau piring. Jangan khawatir jika air tampak sedikit keruh sebab lama kelamaan juga akan menjadi sedikit lebih jernih.

7. Setelah proses penanaman dan pengisian air selesai, cara membuat aquascape berikutnya yaitu memasang filter gantung atau HOB yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Instalasi atau pemasangan filter ini berguna untuk menunjang sirkulasi air dan menyaring kotoran air. Bersamaan dengan itu, jangan lupa untuk menggunakan lampu UV dan diffuser CO2 yang akan menunjang proses fotosintesis tanaman. Sehingga, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat. Pemasangan lampu UV ini sangat penting sebagai pengganti sinar matahari guna mempercepat proses fotosintesis. Namun, perlu diingat bahwa lampu UV ini dihidupkan selama 8 jam per hari saja mengingat jika terlalu lama akan mendorong pertumbuhan alga semakin cepat di mana alga ini justru bisa membuat air keruh dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
instalasi lampu uv dan filter aquascape
Instalasi Lampu UV dan Filter Aquascape
8. Pada langkah berikutnya, menginjak minggu ke 6 atau ke 8 atau ketika tanaman sudah mulai tumbuh subur dengan dicirikan daunnya lebat maka sobat bisa memasukkan ikan-ikan kecil. Perlu diingat bahwa kotoran dari ikan kecil ini nantinya bisa menjadi pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman.
pertumbuhan tanaman aquascape
Pertumbuhan Tanaman Aquascape
Setelah beberapa minggu, hasil dari penerapan cara membuat aquascape di atas akan mulai tampak. Di mana, ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya tanaman yang ditanam. Selama proses ini, sobat harus selalu memperhatikan proses perkembangan biota aquascape agar proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih maksimal. Nah, untuk proses selanjutnya, Mag Fish akan berbagi info mengenai perawatan aquascape.

Perawatan Aquascape

Apabila instalasi dekorasi sudah selesai maka tahapan selanjutnya dalam panduan cara membuat aquascape kali yaitu tahapan perawatan aquascape itu sendiri. Apa saja langkah-langkahnya? Berikut Mag Fish jelaskan :

1. Untuk proses perawatan aquascape, perlu diperhatikan kondisi airnya. Setelah minggu pertama, ganti airnya sebesar 25% - 30% setiap hari. Langkah ini dilakukan sebagai usaha untuk membuang segala zat-zat yang dimungkinkan berbahaya dalam aquarium sekaligus untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik.

2. Menginjak minggu ke dua, ganti airnya 25 %. Namun, untuk hitungan penggantian tidak setia hari seperti pada minggu pertama melainkan 3 hari sekali saja. Sementara itu, setelah menginjak usia minggu ke tiga dan seterusnya, sobat hanya perlu mengganti 30% airnya dalam kurun waktu seminggu sekali.

3. Pada proses perawatan aquascape selanjutnya, selalu perhatikan kualitas air dan aquarium. Jika terdapat lumut yang menempel pada dinding kaca aquarium maka segera bersihkan. Perhatikan juga suplai cahaya agar proses fotosintesis berjalan maksimal.

4. Selain itu, apabila tanaman sudah mulai panjang dan daunnya tak beraturan maka potonglah daun tersebut. Saring juga beberapa kotoran yang 
perawatan aquascape
Perawatan Aquascape
Cukup mudah kan kawan? Cara membuat aquascape di atas bisa sobat terapkan dan coba sendiri di rumah dengan mempraktekan beberapa langkah di atas. Persiapkan beberapa alat dan bahan sesuai petunjuk di atas agar tahapan awal bagi pemula dalam menyusun aquascape ini berhasil. Jangan lupa untuk selalu teliti dalam menerapkan langkah-langkah di atas, terutama pada tahapan penanaman tanaman, pengisian air, dan perawatannya. Sampai di sini, semoga informasi mengenai cara membuat aquascape minimalis untuk pemula di atas bisa bermanfaat dan mudah diterapkan. Sekian dan sampai jumpa.

Baca Juga Jenis Tanaman Aquascape yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya

Cara Membuat Aquascape Minimalis untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

1 komentar:

  1. Play The Real Money Slot Machines - Trick-Taking Game - Trick-Taking
    How to Play. Play The 벳 인포 Real Money Slot Machine. If you High Quality jordan 15 retro are searching cheap air jordan 10 shoes online for a fun, exciting game Air Jordan 20 Retro to buy air jordan 6 shoes play online, we have you covered.

    ReplyDelete